Resep BakesbangPol Kota Cimahi Dalam Menciptakan Kondusifitas dan Keamanan



Cimahi (GARDA INDONESIA)  -  Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Cimahi mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi dengan berbagai unsur masyarakat, Kamis, (12/10/2023) di Aula Gedung B Pemkot Cimahi.


Kepala Bakesbang Pol Kota Mardi Santoso dalam acara tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini untuk mendorong terciptanya stabilitas dan keamanan dan terwujudnya pembangunan yang berkelanjutan di daerah serta mengantisipasi berbagai bentuk Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan ( ATHG) di wilayah Kota Cimahi.




"Untuk menciptakan Kondusifitas dan keamanan Kita Cimahi Bakesbangpol Kota Cimahi Berkolaborasi dengan Focus Group Discusion  (FGD), Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan unsur masyarakat lainnya," terangnya.


Tugas FKDM, FGD, FPK, FKUB dan unsur masyarakat lainnya adalah.   melakukan pencegahan dan pendeteksian dini.




Diakuinya, selama ini peran dan fungsi FKDM, FGD, FPK, FKUB dan unsur masyarakat lainnya di masyarakat sangat terasa bagi Bakesbangpol Kota Cimahi, maka, guna memaksimalkan peran FKDM dalam pendeteksian dan kewaspadaan dini di masyarakat perlu sinergritas dengan berbagai pihak.


"Semoga momen ini bisa kita manfaatkan sebaik - baiknya untuk meningkatkan kewaspadaan," tambahnya.


Rapat Koordinasi mengambil Tema 'Penguatan Peran Masyarakat Dalam Kewaspadaan Daerah Dan Menjaga Kondusifitas Wilayah Kota Cimahi".




Untuk mempermudah Pengurus
FKDM, FGD, FPK dan FKUB dalam memberikan laporan, Bakesbangpol Kota Cimahi juga meluncurkan Aplikasi yang di beri nama Opung Degah .


"Aplikasi Opung Degah untuk mempermudah Pengurus dan anggota FKDM untuk memberikan laporan. Optimalisasi Fungsi Deteksi dan Cegah Dini Dalam menjegah terjadinya Konflik sosial d Kota Cimahi," tegasnya.


Acara Rapat Koordinasi menghadirkan Narasumber Iwa Kustiwa, SH.,MH.Kabag Ops Binda Jabar.


Adapun pesertanya dari jajaran pengurus dan anggota Focus Group Discusion  (FGD), Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).


Lurah Sekota Cimahi, Kasipem Kecamatan, FKDM Kota dan FKDM Kecamatan.***

Komentar

BERITA TERKINI